Minggu, 22 Februari 2015

WANITA AL-IRSYAD GELAR SEMINAR “SMART WITH GADGET”

Jakarta, 9 Rabi’ul Akhir 1436/30 Januari 2015 (MINA) – Organisasi Wanita Al-Irsyad bekerjasama dengan Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Abu Bakar Ash-Shiddiq Jakarta, dijadwalkan menyelenggarakan seminar bertema “Smart With Gadget” di Masjid Abu Bakar Ash Shiddiq Jalan Otista Raya No. 411 Jakarta Timur, Sabtu (31/1) pagi.

Ketua Pelaksana, Luly Larissa kepada Kantor Berita Islam MINA (Mi’raj Islamic News Agency) di Jakarta, Jumat (30/1) mengatakan, seminar bertujuan memberikan pencerahan dan wawasan bagaimana generasi saat ini dapat mengantisipasi dampak negatif teknologi informasi gadget(alat komunikasi elektronik praktis).

“Intinya kita ingin membuat cerdas para pengguna gadget, terutama di kalangan anak-anak, baik dari sisi peggunaan maupun pemilihan isi konten itu sendiri,” ujar Luly.

Pengguna gadget, terutama dari kalangan anak-anak, yang hampir tiap jam bersentuhan dengan alat tersebut, ternyata banyak menimbulkan dampat negatif, seperti dari sisi kesehatan mata, telinga, badan, dan perilaku sosial.

“Kita dengar cerita bagaimana seorang anak yang masa bodoh tatkala ada kejadian musibah di sekitarnya atau justru ikut-ikutanshare menyebarluaskan isi konten yang mengandung hoax alias fitnah,” paparnya.

Untuk itu, seminar menghadirkan berbagai narasumber antara lain dari unsur media Zaky Alhamzah (Republika Online), Amir Faishol Fath (Dosen dan Ustadz), Leila Mona Ganiem (Pakar Komunikasi dan Motivasi), serta Nelani Samsudin (Dokter Spesialis Mata).

Sementara itu, Ketua Umum Wanita Al-Irsyad, Fathimah Askar menambahkan, kegiatan Wanita Al-Irsyad sejenis seminar merupakan bagian dari kepedulian terhadap problematika umat terutama kalangan wanita dan anak-anak.

“Kita mendorong kaum ibu untuk aktif dan peduli terhadap permasalahan di sekitar kita, khususnya anak-anak pada era teknologi informasi saat ini,” ujar Fathimah.

Menurutnya, kaum ibu sebagai pendamping kaum laki-laki, mempunyai peranan penting dalam pola pendidikan anak-anak di rumah.

“Untuk itu, mereka harus diberdayakan, dicerdaskan, aktif berkegiatan yang positif, dengan tetap menjaga hijab dan syar’i,” imbuhnya.

Menurut Bagian Pendaftaran Panitia, dari target 100 peserta, hingga hari ini terdaftar 160 peserta, dari kalangan anak usia 9 tahun sampai orang tua usia 75 tahun.

Program berikutnya, setelah mengupas sisi positif negatif gadget, diprogramkan acara seminar atau diskusi “Al-Quran is My Gagdet“.

Acara seminar terselenggara atas dukungan media partner, antara lain Kantor Berita Islam MINA (Mi’raj Islamic News Agency), yang secara online 24 jam terbit dalam tiga bahasa (Indonesia, Arab dan Inggris). (L/P4/R05).

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Sumber : http://mirajnews.com/id/artikel/muslimah/wanita-alirsyad-selenggarakan-seminar-smart-gadget/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar