Minggu, 22 Februari 2015

Kemudahan Teknologi Informasi Bisa Buat Anak tak Tahan Banting

03 Pebruari 2015 18:15 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dibalik sejumlah manfaat penggunaan teknologi informasi di era digital saat ini ada sisi negatif yang harus diwaspadai bagi orang tua. Redaktur Media Sosial Republika Online (RoL), Zaky Al Hamzah mengingatkan, ada sejumlah masalah yang kemajuan teknologi berpotensi negatif mendorong anak untuk menjalin relasi secara dangkal dan menjadi generasi yang cenderung tidak tahan dengan kesulitan alias tidak tahan banting dengan masalah-masalah kehidupan.

Karena kemudahan informasi yang ada di internet meski masih diragukan keakurasian dan kevalidan data informasi tersebut, ujar Zaky, membuat anak merasa cepat puas dengan informasi tersebut. "Sehingga apa yang dibacanya di internet adalah pengetahuan yang terlengkap dan final," ujarnya pada seminar “Smart With Gadget” yang diselenggarakan oleh Pengurus Besar (PB) Wanita Al-Irsyad di aula Masjid Abu Bakar Jakarta, Sabtu (31/1) siang. Pembicara lain adalah pakar komunikasi dan motivator, Dr Leila Mona Ganiem, dan pakar kesehatan mata dr. Nelani Samsudin, Sp.M. Acara ini dihadiri sekitar 150 orang.

Selain itu, Zaky melanjutkan, dampak lain negatif pada penggunaan gadget yang berlebihan dapat menurunkan daya konsentrasi si anak, penurunan kemampuan bersosialisasi eksternal maupun internal, serta melemahkan kemampuan menganalisis permasalahan.

Si anak yang keranjingan bermain game online maupun berselancar di internet tanpa dibatasi, akan cenderung malas menulis dan membaca.

Karena itu, mantan redaktur Ekonomi dan Bisnis Koran Republika ini menyarankan kepada orang tua untuk mengarahkan anak-anaknya bergabung dan mengembangkan grup-grup media sosial yang membawa berita atau konten yang bermanfaat atau bernuansa Islami seperti di WhatsApp (WA), BBM, LINE maupun aplikasi grup lain, seperti grup Pejuang Subuh, grup Tahajud, grup One Day One Juz (ODOJ). "Grup-grup ini saya ikuti dan bermanfaat untuk saling memberi nasehat antar sesama anggota," ujar Zaky yang juga penulis buku.

Seminar tersebut hasil kerjasama Organisasi Wanita Al-Irsyad dengan Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Abu Bakar Ash-Shiddiq Jakarta. Acara seminar ini terselenggara atas dukungan media partner, antara lain Harian Republika, Republika Online (ROL), dan Kantor Berita Islam MINA (Mi’raj Islamic News Agency), yang secara online 24 jam terbit dalam tiga bahasa (Indonesia, Arab dan Inggris). n

Red: Zaky Al Hamzah

Sumber : http://m.republika.co.id/berita/koran/khazanah-koran/15/02/03/nj6zyy-kemudahan-teknologi-informasi-bisa-buat-anak-tak-tahan-banting

Tidak ada komentar:

Posting Komentar